Alasan kenapa bahasa Indonesia menjadi sangat populer di Malaysia.


Akhir-akhir ini heboh di media sosial tentang anak muda di Malaysia mulai gemar menggunakan bahasa Indonesia. Beberapa akun Twitter masyarakat Malaysia mengeluhkan adanya indikasi anak muda di Malaysia yang sudah mulai terbiasa menggunakan bahasa Indonesia.


Hal ini membuat kekhawatiran masyarakat Malaysia bahwa Bahasa Melayu akan tergeser oleh pengaruh Bahasa Indonesia. Terutama dalam waktu satu dekade ke depan. Masyarakat Indonesia kadang bingung dengan Malaysia. Hal itu karena saat berbicara orang Malaysia menggunakan aksen "e" namun saat bernyanyi menggunakan aksen "a" seperti Bahasa Indonesia. Untuk itu, kali ini kita akan membahas beberapa penyebab kenapa bahasa Indonesia menjadi sangat populer di Malaysia. 




1. Sama-sama berasal dari Bahasa Melayu

Baik itu Bahasa Melayu di Malaysia dan Bahasa Indonesia sendiri sama-sama berakar dari asal bahasa yang sama. Bahasa Melayu di Indonesia sudah dipopulerkan sejak lama oleh penduduk di kawasan Sumatera dan juga di kawasan di luar Sumatera.

Pada era yang lebih modern, Bahasa Melayu Indonesia mengadopsi Bahasa Melayu Riau-Lingga. Sedangkan Bahasa Melayu Malaysia mengadopsi Bahasa Melayu Johor. Fakta uniknya baik itu Riau-Lingga dan Johor keduanya pernah sama-sama berada dalam satu kekuasaan Kesultanan yang sama, yang dikenal dengan nama Kesultanan Johor-Riau. 


2. Internet





Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa banyak konten-konten viral yang menggunakan bahasa Indonesia yang membanjiri Malaysia seperti vlog, tiktok, tutorial, dua arts, berita, kuliner dan film.

3. Wisata dan Belanja

Menurut Secretary Tourism Officer Johor, Mohd Azhari Bin Abu Bakar mengakui bahwa orang Malaysia suka berwisata dan berbelanja di Indonesia. "Karakternya orang Malaysia suka belanja atau shoping, dan luar biasanya Indonesia justru punya semuanya.

0 Response to "Alasan kenapa bahasa Indonesia menjadi sangat populer di Malaysia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel